Cara Sederhana Agar Asam Lambung Tidak Ganggu Aktivitas

Asam lambung yang berlebih bisa menyebabkan luka pada dinding lambung, sehingga menimbulkan penyakit maag atau gastritis. Gejala dari penyakit maag ini bisa dimulai dari mual, perih, rasa tidak nyaman di perut, muntah, atau bahkan hingga pendarahan. Semua gejala yang timbul tergantung dari tingkat keparahannya.

Jika penyakit tersebut terus dibiarkan, maka lama-lama akan mengakibatkan otot yang menjaga lambung untuk terbuka atau tertutup menjadi melemah. Dan pada akhirnya asam lambung pun bisa naik hingga ke kerongkongan atau disebut juga dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

Cara Sederhana Agar Asam Lambung Tidak Ganggu Aktivitas

Cara Sederhana Agar Asam Lambung Tidak Ganggu Aktivitas

Pada sebagian orang, gejala asam lambung yang tinggi sering mengganggu aktivitas. Selain dengan memanfaatkan obat asam lambung alami, juga ada beberapa cara sederhana agar asam lambung tidak ganggu aktivitas yang direkomendasikan para ahli, diantaranya :

  • Kurangi porsi makan

Mengurangi porsi makan dalam hal ini bukan berarti mesti mengurangi jumlah makanan seperti diet. dr Koko menyampaikan prinsipnya yaitu membiarkan makanan masuk ke perut sedikit demi sedikit.

Alasannya dikarenakan jika seorang mengonsumi makan dalam satu porsi besar sekaligus maka lambungnya akan bekerja keras. Hal ini ujungnya dapat memicu kelenjar untuk memproduksi lebih banyak asam.

“Makanan yang dianjurkan seperti biasa tetapi porsinya kecil menjadi dalam sehari dapat makan 5-6 kali agar kerja lambungya nggak berat. Kaya orang kelelahan kan nggak dapat diberi tugas penuh, sedikit-dikit lalu,” kata dr Koko.

  • Lebih lama mengunyah

Ketua Ikatan Apoteker Indonesia Drs Nurul Falah Eddy Pariang, Apt, melanjutkan juga bahwa ketika makan sebaiknya sebisa mungkin mengunyah lebih lama. Makin lama seseorang mengunyah sehingga semakin banyak air liur yang tercampur makanan dan faktor ini baik buat lambung.

“Orang sakit mag ini dianjurkan buat mengunyah lebih lama agar saliva bereaksi dengan makanan. Jadi saat ditelan telah bereaksi relatif menetralisir asam lambung,” kata Nurul.

  • Hindari makanan dan minuman asam

dr Koko mengemukakan sekian banyak jenis makanan dan minuman seperti cokelat, jus jeruk, kopi, keju, serta teh mempunyai sifat yang asam. Oleh sebab itu kepada orang-orang yang rentan untuk mag sebaiknya hal-hal tersebut dihindari atau dijaga konsumsinya.

“Mereka (makanan -red) itu dasarnya telah asam. Bila di dalam perut kita telah kelibahan asam terus ditambahin lagi ya nggak membantu,” kata dr Koko.

Tiap individu mempunyai ketahanan berbeda pada asam, oleh sebab itu menurut dr Koko kemungkinan seorang yang rentan mag masih dapat konsumsi coklat misalnya dalam porsi tertentu.

  • Minum air putih

Cara sederhana agar asam lambung tidak ganggu aktivitas yang terakhir yaitu dengan mengonsumsi air putih setiap bangun tidur atau sebelum makan. Alasannya sebab dengan konsumsi air putih maka diharapkan asam lambung akan lebih netral. Dengan konsumsi air putih pula volume perut bakal lebih terisi sehingga konsumsi makanan yang dapat masuk juga mau tidak mau menjadi sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *